Kesempatan Tidak Datang Dua Kali

Nasihat lama mengatakan bahwa kesempatan tidak
akan datang dua kali. Artinya, kesempatan bagus yang datang harus kita ambil dan pakai semaksimal
mungkin supaya kita dapat meraih yang terbaik.
Dalam dunia sales/marketing yang namanya
kesempatan itu hampir selalu dialami oleh sales person sebagai sesuatu
yang tidak terduga kapan datangnya. Oleh karena itu, seorang sales person tidak
boleh lengah dan mengabaikan kesempatan yang datang. Siap atau tidak siap, yang
penting segera adakan persiapan menjual semaksimal mungkin, sesingkat apa pun waktu yang
tersisa.
Sering kali kesempatan tidak datang begitu saja,
melainkan sesungguhnya karena sales person telah melakukan persiapan yang matang
sebelumnya. Artinya, ciptakan kesempatan Anda sendiri. Misalnya ketika ada
pameran maka sales person membuka booth dan berjualan di sana, hingga akhirnya datang
salah seorang pengunjung ke booth tersebut dan ternyata orang tersebut adalah
seorang yang berkepentingan dalam mengambil keputusan dari sebuah perusahaan.
Dan terjadilah pertemuan yang di lain waktu
akan di-follow up dan terjadilah closing. Bayangkan jika tidak ada
booth yang dibuka dalam pameran dan salesperson tidak ada dalam booth tersebut.
Penting bagi seorang sales person untuk selalu
menjaga stamina berjualannya sekalipun sepertinya belum terjadi sesuatu karena
seringkali proses berjualan itu membutuhkan waktu yang panjang. Sikap optimis
harus selalu dijaga dan terus dikembangkan bersama dengan ide-ide
dan kreativitas.
Setiap kesabaran dan ketekunan dan kerja keras
salesperson suatu saat pasti akan ada hasilnya. Akan datang waktunya sebuah
kesempatan dengan tiba-tiba dan sering di luar
perkiraan salesperson. Dan ketika kesempatan itu telah datang menghampiri,
raihlah segera, jangan lewatkan. Karena itu tetap semangat dan... cheers!